Rabu, 19 Desember 2018

Pengantar Manajemen


Tugas Pengantar Manajemen
Nama : Niky Nurcahyani
NPM : C11160068

Ø  Menurut saudara perlukah konflik di dalam penyelesaian tugas kelompok saudara,berikan alasannya.
Perlu, karena konflik apabila di tanggapi secara positif dapat membantu meningkatkan kerjasama antar anggota kelompok. Dengan demikian berarti konflik timbul karena adanya pendapat masing-masing individu yang berpartisipasi dalam menyampaikan pendapatnya dan mengalami perbedaan. Tetapi perbedaan tersebut harus dijadikan bahan agar tugas menjadi lebih baik dan variatif bukan menjadi penghambat.

Ø  Berikan contoh konflik yang pernah saudara alami dalam kerja kelompok, kehidupan keluarga, dan kehidupan sosial.
Konflik yang saya alami dalam kerja kelompok pada saat saya SMK. Saya mempunyai kelompok yang beranggotakan 6 orang dan didalam kelompok tersebut hanya mengandalkan 1 sama lain dalam mengerjakan tugas, sedangkan didalam kelompok ini di tuntut kerjasama dan kekompakan. Setiap anggota memiliki alasan untuk tidak mengerjakan tugas tersebut, sedangkan waktu pengumpulan tugas tersebut terbilang sangat singkat. Akhirnya setiap anggota kesal dan saling membeci.

Ø  Bagaimana upaya yang selama ini saudara lakukan dalam menyelesaikan konflik tersebut
Upaya yang saya lakukan adalah saling memberi pengertian kepada semua anggota bahwa semua nya pun memiliki kesibukan masing-masing dan tugas lainnya. Dan menjelaskan apabila tugas ini semua nya tidak mau ikut serta dan hanya menyerahkannya kepada satu orang maka nilai yang akan di dapat pun tidak akan baik. Akhirnya semuanya pun setuju dan mau mengambil bagian tugasnya dan kita mulai mengerjakannya bersama.

Ø  Apa dampak buruk konflik yang pernah saudara alami tersebut.
Dampak buruk dari konflik ini adalah selama beberapa hari teman kelompok satu dan yang lainnya tidak saling bertegur sapa dan saling menulis tulisan tulisan curhatan di social media. Juga menjauhkan hubungan pertemanan dan terbengkalainya tugas.

Ø  Apabila dalam kehidupan di kampus atau di keluarga, saudara melihat ada konflik dan saudara berusaha menjadi penengah. Upaya apa yang akan saudara lakukan untuk mengelola konflik tersebut.
Saya akan mencoba mencari tahu terlebih dahulu akar dari konflik yang sedang terjadi, setelah itu saya akan mencoba membuka pembicaraan dengan pihak-pihak yang sedang memiliki konflik. Lalu saya akan memikirkan solusi dari konflik tersebut, setelah itu saya akan mencoba mendiskusikannya dengan pihak yang sedang berkonflik dan menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan tanpa memihak siapapun.

NB : Jawaban di atas merupakan Hasil Pemikiran saya sendiri setelah mencari referensi dan membaca dari berbagai sumber. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKUNTANSI DANA PENSIUN

Berikut ini merupakan makalah mengenai Akuntansi Dana Pensiun yang di buat penulis untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Akuntansi Topik Khusus....